Mencoba Memaknai Lagu La La Lost You-nya NIKI

Source: YouTube

Kamu tahu Nicole Zefanya a.k.a NIKI? Kalau belum tahu, dia adalah penyanyi asal Indonesia yang namanya melejit saat masuk label rekaman Amerika Serikat 88Rising bersama rapper asal Indonesia, Rich Brian. Kalau kamu belum tahu lagu-lagunya, pasti kamu nggak asing dengan lagu Lowkey yang sering diputar di radio-radio Indonesia. Atau kalau kamu nggak notice juga, kamu bisa dengerin lagu NIKI yang judulnya Vintage di vlog-nya Lisa Blackpink.

Sedikit tentang NIKI

Source: IG @nikizefanya

Sebelum NIKI masuk 88Rising, NIKI sempat duet dengan penyanyi remaja yang bernama Gavin MJ dengan judul lagu Suka Kamu. Dan dia pernah manggung juga di acara musik Dahsyat dan Inbox. Oh, iya NIKI dulu memperkenalkan namanya dengan nama Nicole Zefanya. Nah, setelah dia berhasil mengeluarkan single bersama Gavin, dia juga menjadi penyanyi yang terpilih menjadi Opening Singer waktu Taylor Swift lagi konser Red Tour ke Indonesia tahun 2014. Setelah itu dia aktif membuat vlog cover-cover lagu di YouTube dan nggak sengaja berteman dengan Rich Brian (yang saat itu namanya masih Rich Chigga) dan memamerkan lagu barunya ke Brian. Ternyata, dewi fortuna menghampiri NIKI, selagi dia ingin melanjutkan studinya ke LA, dia pun ditawarin bergabung masuk 88Rising bersama Rich Brian, Joji, Higher Brothers, August 08. Dan kesuksesan NIKI terbayar dengan diundangnya dia sebagai guest star di acara musik terbesar di California, Coachella April 2020 nanti.

Source: IG @88rising

Kalau kamu belum tahu lagu-lagunya NIKI, kamu bisa dengerin di YouTube, Spotify, dan platform musik lainnya. Lagu-lagu NIKI biasanya liriknya bisa dikatakan relatable dengan anak-anak muda zaman sekarang. Sekilas saja kita bahas lagu NIKI pertama yang video musiknya dibuat waktu dia masih di Indonesia yang judulnya See U Never. Lagu ini bercerita tentang seorang cewek yang pengen udahan sama pasangannya yang bullshit. Kemudian ada lagu I Like U yang bercerita tentang seorang cewek yang baper dengan friends with benefits-nya. Ada pula lagu Lowkey yang masih sering diputar di radio-radio Indonesia yang ternyata memiliki makna tentang seorang cewek yang ngajak menjalin hubungan diam-diam dengan seorang cowok. Nah, relatable semua kan dengan kehidupan anak-anak muda zaman sekarang?

Tahun 2019 kemarin, NIKI dan kawan-kawan 88Rising-nya mengeluarkan album baru yang berjudul Head In The Clouds II. NIKI di sana menyumbang 4 lagu, yaitu Indigo, La La Lost You, Shouldn't Wouldn't Couldn't (feat. Rich Brian), dan Strange Land (feat. Phum Viphurit). Berangkat dari lagu-lagu NIKI yang sarat makna, aku ingin bahas nih salah satu lagu NIKI dalam album HITC II ini yang berjudul La La Lost You. Aku pilih lagu ini karena lagu ini video klipnya penuh makna seperti lagunya. Yap, aku suka banget NIKI di lagu itu, anggun dan cantik. Tanpa menunggu lama, yuk simak makna lagu La La Lost You Niki Zefanya menurut versi Zahra.

Lirik Lagu La La Lost You NIKI

Biar kamu nggak pusing, aku bakalan tampilin lirik lagunya.

[Verse 1]
While I'm on Sunset, are you on the subway?
While I drive, are you gettin' on the L-train?
I mean, Manhattan's nice, but so are Malibu nights
You would know if you stayed
You would know if you put up a fight
Your toes turn blue in winter, I'm gettin' red, rum
Does the trick for all of the things left unsaid, I'm
Missin' our drunken 2 A.M. Strolls in K-Town
Now you're chasing fake highs in the Upper West Side

[Pre-Chorus 1]
And fuckin' on Brooklyns in Brooklyn
Your Chelseas in Chelsea
Hope that eases the pain
So you remember to miss me
And you sold your car
Now you walk for miles
Bet your feet feel numb
(Crosswalks in my mind are shaky, so please hold on tight)

[Chorus]
All my demons run wild
All my demons have your smile
In the city of angels
In the city of angeles
Hope New York holds you
Hope it holds you like I do
While my demons stay faithful
In the city of angels

[Verse 2]
Summer's endin now and the nights are coolin' down
Remember last winter when we would drive around?
Silverlake, Hollywood, pretty little white lies got me good
Thought this was love, I was misunderstood, mm

[Pre-Chorus 2]
Feelin' low on the low, drivin' through NoHo
If I'm honest, I'd call, but I'm trying to let go
And I hope you're happy, livin' life in taxis
But you'll always have me, you'll always have me

[Chorus]
All my demons run wild
All my demons have your smile
In the city of angeles
In the city of angeles
Hope New York holds you
Hope it holds you like I do
While my demons stay faithful
In the city of angels

Makna Lagu La La Lost You - NIKI

Source: IG @nikizefanya

Pertama kali aku baca liriknya agak bingung, kenapa ngomongin soal kereta dan ngebandingin soal Manhattan sama Malibu, ya? Terus kenapa ada jual mobil segala macem? Pertanyaan ini menghantui kepalaku, sampai akhirnya official video-nya keluar dan akhirnya aku mengerti...

Menurut analisis aku tentang lirik ini adalah ini lagu tentang kepahitan hubungan yang dijalani sepasang kekasih di mana sang cewek yang putus dari mantannya ini bertanya soal kabar mantannya dan dia harap mantannya baik-baik aja karena si cewek udah baik-baik aja. Ternyata, mantannya malah merasa seperti penjelasan di bawah ini...

Di verse 1, Niki mencoba menceritakan kehidupannya yang bertanya-tanya tentang kabar mantannya nun jauh di sana seperti pada baris pertama 'While I'm on Sunset, are you on the subway?'. Lalu, di baris kedua 'While I drive, are you gettin' on the L-Train?', menunjukkan bahwa Niki udah berhasil berkendara mobil (move on) dan mantannya masih di dalam kereta bawah tanah (mencari-cari pasangan pengganti Niki), yang mana Niki menunjukkan keindahan sekitar dengan mengatakan lirik di baris ketiga 'I mean, Manhattan's nice, but so are Malibu nights' dan bilang ke mantannya kalau mantannya bisa merasakan itu jikalau dia masih bersama Niki lewat baris keempat dan kelima. Pada baris keenam sampai kesembilan, Niki hanya sedang flashback tentang hubungannya dengan mantannya saat itu.

Di pre-chorus 1, Niki pun menunjukkan bahwa mantannya itu sebenarnya merasakan kehilangan sosok dirinya dari caranya Niki mengatakan bahwa si mantannya menjual mobilnya yang berarti bahwa mantannya memutuskan hubungan dengannya padahal mobil diibaratkan kenyamanan/kemewahan dalam hidup mantannya saat memiliki Niki. Dalam lirik 'Now you walk for miles, bet your feet feel numb',  itu menunjukkan bahwa si mantannya ini menjauhi dirinya tapi sayangnya si mantan tidak merasakan cinta seperti saat masih bersama Niki. 

Source: YouTube

Kemudian, di chorus, Niki menunjukkan bahwa pikiran-pikiran dalam dirinya yang terkadang liar membuat dirinya teringat sosok mantannya di kota yang penuh dengan malaikat (maksudnya Los Angeles). Niki juga berharap mantannya yang sekarang tinggal di New York baik-baik saja dan berharap nasib baru mantannya memperlakukan hal yang sama seperti Niki memperlakukan mantannya dulu di LA.

Lalu, dalam verse 2, Niki mencoba mengingat kembali kenangan bersama mantannya ketika mereka masih bersama. Dia pun mengira bahwa tempat-tempat yang ditunjukkan mantannya itu bukti cinta mantannya untuknya tapi dia salah. Di pre-chorus 2, Niki pun menjelaskan terkadang dia juga merasa rindu bahkan ingin menghubungi mantannya tapi dia lebih memasrahkan hubungan ini pada takdir. Lirik 'And I hope you're happy, livin' life in taxis' menunjukkan bahwa Niki berharap mantannya bahagia menjalani kehidupan mencari-cari pasangan pengganti Niki (berganti pasangan karena tidak ada yang dapat menggantikan sosok Niki) tapi tidak ada yang bertahan lama. 

Kesimpulan

NIKI mencoba menceritakan perasaan cewek dengan mantannya lewat lagu yang ia tuliskan. Lagu La La Lost You membuat kita berpikir, move on itu emang nggak gampang tapi bukan berarti kita nggak bisa move on. Lagu ini juga mengajarkan kita bahwa sebaiknya kita bersyukur dengan apa yang kita punya, sayangi orang yang telah menyayangi kita sepenuhnya karena kita tidak akan tahu bahwa di luar sana belum tentu kita akan menemukan sosok yang sama seperti yang sebelumnya. 

Sekian dulu aku nulis soal makna lagu La La Lost You - NIKI. Kalau ada yang punya pendapat lain bisa share aja ke aku ya. Kamu akan merasakan keambyar-an lagu NIKI ini kalau kamu coba nonton video klipnya. Mau coba dengerin? Nih Aku kasih videonya. Selamat menonton!


Comments

  1. Halooo.. Its a good blog tho..
    Anyway, appreciated bgt sii infonya..
    Ive been trying to enjoy hiphop rnb. And i think Niki make it easier for me..
    Ada rekomendasi lagu, atau penyanyi??? Pengen luasin wawasan musik hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hii...
      Rekomendasi dari aku
      H. E. R - focus....
      Hope you like it

      @enko1995_

      Delete
    2. Hii...
      Rekomendasi dari aku
      H. E. R - focus....
      Hope you like it

      @enko1995_

      Delete
  2. Terimakasii, sukak sm tulisannya :)

    ReplyDelete
  3. tulisannya bagus, trus menulis! :)

    ReplyDelete
  4. Yeah, saya suka blog kamu saya suka saya suka

    ReplyDelete
  5. Suka blog nya, tapi mata lama kleamaan sakit liat tulisan putih dgn backround hitam

    ReplyDelete
  6. accidentally lagi dengerin lagunya dan curious ama makna dibalik liriknya akhirnya mampir kesini. thx for sharing ur opini, it's nice blog ;)

    ReplyDelete
  7. Lebay lu ngartiinnya, ini masih ada unsur well-living, liat aja manhattan di bandingin malibu, ada unsur smcm cowonya ga mapan jg kl menurut gw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke siap kakak. Ini cuma pemdapat aku aja sih. Kalo punya pendapat lain, silakan tulis secara lengkap di blog sendiri ya. makasih masukannya :)

      Delete
    2. perlu banget ya ada kata kata "lebay"? hedeh, iya deh bang jago lu doang yang paling keren masalah ginian. btw semangat mbaknya, dari awal juga udah dijelasin ini dari perspektif mbaknya jadi kalau ada kesalahan pun wajar.

      Delete
  8. Kak bagus banget aku nggak nyangka artinya sedalam ini, oh iya aku mau nanya fansnya niki namanya apa sih makasih

    ReplyDelete
  9. Bagus banget kak, oh iya fansnya niki namanya apa ya

    ReplyDelete
  10. Bagus banget kak, oh iya fansnya niki namanya apa ya

    ReplyDelete
  11. Sukaa bgt amat tulisannya kak, jadi tau makna lagu la la lost you lebih dalem, makasii :)

    ReplyDelete
  12. Sukaa bgt amat tulisannya kak, jadi tau makna lagu la la lost you lebih dalem, makasii :)

    ReplyDelete
  13. Terima kasih atas penjelasanya, akhirnya ngerti juga. Tapi yang demon demon itu gak dijelasin jelas ya

    ReplyDelete
  14. as i thought gini juga sih hehe sepemikiran~

    ReplyDelete
  15. keren sih ini, semangat lanjut terus yakk

    ReplyDelete
  16. jangan berhenti kasih review lagu gini ya kak!

    ReplyDelete
  17. hi :D thanks untuk tulisannya hehehe

    ReplyDelete
  18. Bagus banget penjelasannya.. it's fully help me!! Thanks

    ReplyDelete
  19. SUKA BANGET ANALISISNYA, TOLONG BUAT YG BANYAK

    ReplyDelete
  20. Woahh kereeennnn terus nge blogg yahh

    ReplyDelete
  21. Suka banget penjelasannya, makasih ya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts