Coretan Buat Ayah

Assalamu alaikum Wr. wb.
Pernah gak sih kalian kepikiran sama Papa kalian kalo lagi susah? Susah dalam arti kalian gak punya apa-apa. Pasti rata-rata dari kalian mikirnya Mama. Pahlawan Tanpa Tanda Jasa itu emang gak sering diingat mengingat peran Beliau emang selalu di luar rumah mencari nafkah. Biasanya sih (terutama yang cewek) deketnya sama Mama, bukan Papa. Gue sebut Papa itu Pahlawan Tanpa Tanda Jasa karena menurut gue beliau itu perannya sama kayak guru (emang sih bokap gue juga guru), yang berjasa namun tidak bertanda tapi berbekas banget jasanya. Gue emang gak terlalu deket sama beliau tapi karena gue bersekolah di tempat beliau kerja, jadinya gue agak sedikit deket (karena gue orangnya gabisa cerita sama cowok walaupun itu bokap gue sendiri) dengan beliau. That's why kalo temen-temen gue nanya beliau orangnya gimana yaa gue cuma bisa jawab dengan senyuman atau dengan, "yaa gitu deh". Karena kita pun gak deket. Karena status kita juga cuma Papa-dan-anak-perempuannya bukan Papa-dan-anak-perempuannya-sekaligus-sahabatnya.

Pernah gak kalian mikir betapa beratnya jadi Papa, harus banting tulang mencari uang biar bisa menuhin kebutuhan kita semua. Tapi kita minta uang segampang itu sama papa kalian tanpa mikir dapetnya gimana. Kita minta seenak jidat kita tanpa mikir papa tuh lagi punya uang apa gak. Kalo lagi punya uang kita langsung dikasih tapi kalo lagi gak punya,
pasti papa berusaha sebisa mungkin buat ngasih uang itu ke kita. Tapi nyatanya apa? Kita malah minta uang tersebut buat hura-hura. Di abisin buat hal yang gak jelas padahal Papa nyarinya sampe banting tulang dan meras keringat. Terus kalo gak dikasih kita mikirnya papa kita pelit banget. Padahal kita kan gak tau uangnya ditabung buat masa depan kita. Terus kita ngambek masuk kamar dan diemin papa kita sampe besok.



Waktu kita belajar naek sepeda, beliau yang megangin jok belakang kita. Beliau megangin sepeda kita sampe kita bener-bener bisa. Pas kita udah lancar baru deh pegangan beliau dilepas dari jok belakang kita. Beliau bangga banget waktu kita bisa ngendarain sepeda kita. Saat kita jatuh dari sepeda, beliau langsung ngebantu kita bangun dan semangatin kita buat tetep latihan sampe kita bisa naek sepeda. Waktu kita udah lancar, beliau tersenyum senang karena anaknya udah gede.

Terus waktu izin main keluar sama temen-temen. Kita bilangnya gak bakalan pulang malem-malem. Saking asiknya main kita sampe lupa waktu. Emang biasanya yang paling cemas itu Mama tapi Papa juga gak kalah cemas. Beliau tidak menunjukkan cemasnya secara langsung. Berulang kali dia bertanya pada orang rumah apakah kita udah pulang apa belom. Kalo belom pulang ayah biasanya cuma SMS nanya lagi dimana, kalo mama biasanya nelfon sambil nyuruh-nyuruh pulang. Tapi sebenernya mereka cemas kita lagi dimana dan sama siapa. Kita mikirnya mama kita yang rempong banget nyariin kita dan kita mikir papa woles-woles aja kalo kita pergi-pergi kan kita juga udah gede ini kan. Beliau nungguin kita di depan pintu rumah. (Kalo bokap gue kalo marah biasanya diam. Jadi, gue lebih takut di diemin bokap daripada diomelin bokap). Beliau cemas kalo anak perempuannya pulang malem-malem takut terjadi apa-apa. Biasanya kalo mama yang suka mikir yang engga-engga. Tapi papa mencoba buat berpikir positif aja. Terus papa nyoba nelfon kita. Buat nanya sekali lagi kita lagi dimana. Tapi kita mikirnya rempong banget nih papa sampe nelfon-nelfon, nanti juga kita pulang. Karena lagi di jalan kita males ngangkat telfon dari papa, terus telfonnya kita cuekin. Papa tambah cemas, karena kita naek kendaraan umum jadi tambah dua kali lipatnya cemasnya. Pas kita sampe rumah yang marah-marah biasanya mama kita, "ngapain sih cewek pulang malem-malem kayak gini? Ntar mau dikata apa sama orang-orang? Anaknya haji gitu masa pulang malem-malem. cewek lagi!" *ini gaya marah-marah nyokap gue*. Kalo papa biasanya cuma ngeliat kita kalo gak apa-apa beliau biasa aja. Kalo kenapa-kenapa baru deh di intrograsi.

Lalu, waktu kita mulai deket sama cowok. Yang paling panik pertama itu papa kita. Karena beliau mikirnya kita udah gede dan bakalan ninggalin beliau. Akhirnya beliau bikin peraturan deh gak boleh pacaran sampe kelar sekolah. Kita mikirnya papa kita kolot, gak pernah muda, gak punya hati dsb. Padahal papa tuh takut kehilangan anak perempuannya. Nanti gak ada yang sayang lagi sama beliau, nanti waktu kita cuma buat pacar kita bukan buat papa kita. Akhirnya kita backstreet deh sama pacar kita. Biasanya sih yang tau mama kita kalo kita backstreet. Papa nganggep kita udah sukses ngikutin aturannya gak pacaran tapi kita gak mikir kalo kita tuh bohongin papa kita>_<. Karena bohong sama papa jadinya hubungan kita gak langgeng deh dan putus :"( Kita biasanya cerita sama mama kita kalo kita putus tapi gak bakalan berani bilang-bilang ke papa kalo kita backstreet *yakaleeeee*. Terus biasanya gue kalo punya salah sama bokap cuma bilang, "Pah, maafin zahra yaa." kalo ditanya doi minta maaf kenapa dan pasti gue jawab, "gapapa, minta maaf aja hehehe". Itu kalo kejadiannya gue ngecewain papa gue.

Itulah sedikit tulisan buat Papa, semoga bermanfaat buat kalian yang saat ini masih punya papa. Seberapa sering kalian banggain papa kalian sama temen-temen kalian? Kapan terakhir kalian bilang sayang sama papa kalian? Hampir gak pernah kan? Cepetan bilang nanti keburu gak ada waktu lagi dan kita bakalan nyesel :-( Buat kalian yang (maaf) udah gak punya papa. Semoga kalian mendapat suami yang lebih baik dari papa kalian/semoga kalian menjadi papa yang bisa dibanggakan oleh anak-anak kalian. Semoga papa kalian tenang dimanapun mereka berada.
Jujur aja gue gak tau hari Ayah di Indonesia itu dirayain apa engga sih? Jadi gue nulis ini cuma pengen banget ngebahas tentang Ayah. Karena sosok beliau selalu kalah sama sosok Ibu padahal peran-peran mereka berdua juga memiliki pengaruh penting dalam hidup kita.



Pokoknya The best deh buat Papa. Thanks Dad for everything.
Wassalam

Comments

Popular Posts