Akhir Tahun yang Bahagia

Wah, apa kabar para pembaca setia? (Iyaa gue tau gak ada yang baca juga kok)
Sudah berbulan-bulan yang lalu saya meninggalkan blog ini untuk melanjutkan studi ke tingkat yang lebih tinggi. Butuh konsentrasi yang tinggi kayak Deddy Corbuzier waktu bengkokin sendok zaman gue waktu sangat kecil (Iyaa sekarang emang masih kecil badannya.

Wokeeeh dari pada kalian semua kepo sama apa aja yang gue alamin selama hampir dua belas bulan ini (ini kalo bayi udah dikeluarin paksa karena udah kelamaan) tanpa mengurangi rasa kepo. Mari kita baca apa yang gue tulis di bawah ini. Dipersilakan....

Gue berjuang waktu itu. Gue memutuskan buat vakum dari dunia pem-blogger-an demi buat bahagiain orang tua gue. Maaf terlalu berlebihan tapi emang itu adalah salah satu tujuan hidup gue. Bahagiain apa yang ada di deket gue.

Okeee itu tadi cuma pembukaan. Gausah tegang gitu dong. Dikira lagi Ujian Nasional kali. Tenang, blog gue Insha Allah masih lucu (kalo gak yaa garing paling). Gue sekalian mau flash back nih tahun 2014 ini. cekidot....

Tahun ini gue isi dengan harapan gue bisa ngebahagiain orang tua gue. Ya, pada tahun ini gue memperjuangkan nama baik keluarga gue untuk bisa masuk perguruan tinggi negeri. Bokap gue punya prinsip anak-anaknya harus masuk PTN gak boleh PTS. Kalo gak masuk PTN yaudah masuk UNDAP (Universitas Dapur) disponsori oleh nyokap gue yang sebagai Rektor dan bokap gue yang menjadi penyumbang dana terbesar. Kenapa beliau berprinsip seperti itu? Karena menurut beliau biaya kuliah di PTS itu mahal. Kalo PTN biayanya masih terjangkaulah sama beliau. Maklum deh bokap gue tahun depan udah pensiun dan masih punya tanggungan gue dan adek gue. Bukan, gue bukan minta lo-lo pada ngasihanin gue. Gue cuma bercerita aja. PTN juga terlihat lebih bergengsi. Padahal menurut gue mau dari PTN dan PTS sama saja di mata Allah swt *kesambet*. 
 
Tahun 2014 juga diisi dengan berbagai macam ujian yang gue ikuti untuk menentukan kelulusan gue dari SMA gue yang isinya notabene anak-anak gaul Selatan. Tryout dari sekolah dan dari berbagai institusi gue lahap dengan rakus. Di rumah gue, tumpukan kertas-kertas tryout udah bisa dikiloin dan biasanya dapet cabe satu bungkus. Pensil itu udah kayak beli permen. Sedikit-sedikit langsung tumpul dan gue mesti beli yang baru. Dari segala perjuangan gue ini gue berharap hasilnya adalah yang terbaik.

Gue juga waktu itu berhenti ngeblog karena emang waktu itu kondisinya gue lagi kelas 12 SMA. Lagi galau-galaunya sama masa depan. Sumpah deh galauin masa depan lebih pusing daripada galauin doi. Yaaa oke lanjuttt. Lagi galau banget mau lanjutin di mana gue akan berlabuh. Bolak-balik gue konsul sama kakak-kakak NF nanyain gue enaknya milih mana yaaa? Gue udah menyampaikan apa yang gue minatin waktu itu sama kakak NF gue, beliau malah nyaranin gue ambil resiko tinggi. Jujur aja gue orangnya cemen sama yang namanya masalah. Iyaak benar sekali lagi MASALAH *jengjeng*. 
 
Sampai akhirnya di penghujung pengisian SNMPTN. Ini adalah momen paling ditunggu kayaknya sama anak-anak yang pinter (sori yaa gue engga pinter ahahaha). Gue bimbang milih ikutin kata guru-guru di sekolah gue, ngikutin kakak NF, apa ngikutin kata hati? Orang tua gue sangat memberi kebebasan sama gue dalam hal milih ilmu pendidikan. Karena toh yang jalanin bukan mereka, tapi gue. Akhirnya gue nekad. Gue milih Bisnis Islam UI. Sombong banget emang. Gue tapi mau ituu bagaimanapun juga. Gue pengen emang dari dulu sama yang berbau-bau ekonomi karena menurut gue perekonomian Indonesia itu masih amat sangat harus dibenahi. Gue berharap generasi gue yang bisa mengubah perekonomian Indonesia menjadi lebih baik *prokprok*. 

Lalu, gue beranikan diri untuk menaruh pilihan SNMPTN gue itu. Berharap juga sih gue bisa kuliah di kampus kuning itu. Setelah membaca berbagai untaian doa akhirnya data gue sudah terkirim ke sistem. Gue setelah itu menjalani hari sebagai seorang kelas 12 SMA yang sedang berjuang menempuh Ujian Nasional. Bocoran sana-sini ditawarkan tapi dengan paket yang sebanyak 20 itu gue gak yakin kalo bocoran tersebut bakalan tembus. Gue semakin sering berkonsul juga sama kakak-kakak di NF berharap bisa bagus nilai UN gue. UN tahun ini juga sebenernya sangat menyakitkan hati. Karena UN tahun ini emang mengikuti kurikulum 2013 itu jadinya standar UN yang dipakai adalah standar Internasional. Iya INTERNASIONAL *jengjeng*. Demi apapun deh gue pengen nangis ngerjain soal itu. Gue berharap yang bikin soal UN tersebut diberikan hidayah dan lebih baik pikirannya segera dirukyah. Pas ditanya nyokap bisa ngerjain apa engga, gue jawabnya "Insha Allah" padahal dalam hati mau jawab "Insha Allah mamah gak kaget liat hasilnya."

Pengumuman UN pun akhirnya tiba. Gue tau nilai UN gue dari temen gue yang bimbel di bimbel yang bahasa Inggrisnya "pergi" itu. Gue sedih bukan kepalang. Nilai gue gak sesuai sama usaha gue selama ini. Gue nangis semaleman di kamar. Besoknya bokap dateng dari sekolah dan ngasih tau nilai UN gue. Beliau dateng marah-marah bilang kenapa Ekonomi nilainya jelek. Gue juga heran kenapa nilai Ekonomi gue jelek. Padahal gue yakin banget gue bisa dapetin nilai kepala 8. Tapi apa daya, nasi udah jadi dubur bubur. Gue setelah itu langsung berangkat ke bimbel gue sambil bertekad. Gak boleh ada kekecewaan lagi dari muka bokap atau nyokap gue. Gue pasti bisa! Ada harga yang harus dibayar dari sebuah usaha. Setiap hari gue bimbel, (emang itu udah jadwalnya dari sana. Bukan karena gue rajin ya). Bolak-balik konsul sama kakak-kakak NF demi PTN impian. 

Waktu itu gue pengen banget masuk UNDIP. Iya, menurut gue jauh dari keluarga sepertinya menyenangkan. Gue berusaha mati-matian demi sebuah impian. Di pendaftaran SBMPTN gue memilih pilihan 1. IESP Undip, 2. Akuntansi UNJ, dan 3. Sastra Indonesia UI. Bismillah semoga peruntungan gue ada di sini. Pengumuman tiba, gue yakin gue masuk Undip. Pengumuman waktu itu tanggal 16 Juli 2014 jam 5 sore. Pas mau buka puasa. Semoga berkah. Gue buka itu dan ternyata tulisannya adalah "SELAMAT ANDA DI TERIMA DI SASTRA INDONESIA UI". Gue bingung saat itu. Mau seneng gimana, gue pengennya Undip. Gue nyesek. Tiba-tiba air mata gue jatuh. Gue sedih, padahal gue pengennya Undip. Gue juga udah yakin banget masuk sana. Tapi Allah berkehendak lain. Gue tetep nangis kejer. Gue waktu itu lagi line-an sama temen-temen deket SMA gue. Gue bilang keterima tapi di UI pake emot sedih. Gue diomelin. Kata temen-temen gue masuk UI itu sebuah anugerah, gue malah gak bersyukur. Gue salah harusnya amat sangat bersyukur. Gue ketuker waktu itu sama temen gue, Nafisa. Dia pengen banget UI dan gue pengen banget Undip. Dia masuk Komunikasi Undip dan gue masuk Sastra Indonesia UI. Hidup emang gak bisa ditebak. Gue akhirnya mencoba untuk menerima keadaan gue. Terima kasih ya Allah engkau memang mengizinkan hamba untuk kuliah di PTN walau bukan pilihan pertama :").

Di Sastra Indonesia UI, gue seneng banget. Ternyata seniornya baik-baik banget dan ngerangkul banget. Gue baru ngerasa dianggep pas kuliah di sana. Beda emang atmosfernya waktu di SMA dulu yang main angkatan dan (katanya) ngerangkul tapi terasa dibuang haha. Angkatan gue berjumlah 62 orang. Iya, dan kami gak ada yang dari jalur paralel. Lalu, kalo di FIB UI itu setiap tahun ada event yang namanya Festival Budaya atau yang biasa disebut Fesbud. Setiap angkatan mengirimkan tim buat ikut meriahkan acara tersebut. Kalau tahun ketiga mengirimkan tim untuk mengikuti acara Gelar Sastra Raya atau GSR. Tahun kedua mengirimkan tim untuk mengikuti acara Pesta Seni dan Pesta Budaya atau PSPB. Sedangkan tahun pertama mengirimkan tim untuk ikut acara Petang Kreatif atau PK. Angkatan gue tahun ini ikut PK. PK ini adalah sebuah penampilan teater dari para mahasiswa baru. PK juga menjadi acara puncak dari Fesbud ini. Dua bulan penuh kita latihan. Gak terbesit di otak kami untuk menjadi juara. Karena kata senior gue "PK kita itu fungsinya menghibur penonton. Kita itu di sini sebagai bintang tamu bukan sebagai peserta." PK angkatan gue punya tagline "PK IKSI 2014, MARI SENANG-SENANG!" karena kami di sini cuma buat senang-senang tanpa mengharap menang. Latihan setiap malam membuat kami jadi saling memiliki satu sama lain. Semakin hari semakin diuji kekompakan kami. Ditegur, diprotes, dievaluasi, juga udah biasa. Itu malah membuat angkatan kami bertekad menciptakan sebuah penampilan yang tidak akan terlupakan.

Tiba saat harinya angkatan gue unjuk kebolehan. Kami tampil hari Sabtu, 6 Desember 2014 Jam 4 kurang 10. Kami tampil urutan ke delapan. Tema yang diangkat dari PK kami adalah (selalu) komedi. Hidup ini emang komedi. Pas angkatan gue tampil pada ketawa kenceng, padahal menurut gue lawakan itu sangat biasa. Kalo kata senior gue sih, "selera humor anak FIB UI kan rendah. Lo ngelawak dikit aja pasti mereka ketawa sampe guling-guling." Bener aja kata senior gue. Setelah selesai tampil, kami diberi ucapan selamat sama alumni-alumni yang udah menyempatkan diri untuk datang dan menyaksikan penampilan kami. Terima kasih, Kak udah datang dan menyaksikan PK kami yang sebenernya gak lucu-lucu amat sih haha. Setelah evaluasi. Kami dibeliin makanan sama senior-senior kami. Emang yaaa baik banget senior-senior kami. Selesai solat maghrib angkatan gue dipanggil lagi tuh sama senior disuruh ke selasar gedung 1 FIB (tempat tongkrongan jurusan gue). Katanya ada yang ulang tahun. Gue dateng bener aja ada dua buah kue blackforrest. Pas udah ngumpul semua, kata senior gue ternyata bukan ada yang ulang tahun. Itu adalah kue ucapan terima kasih mereka kepada angkatan gue. Mau nangis rasanya. Keluarga banget deh Sastra Indonesia UI. Sayang banget sama mereka gak ngerti lagi {} :").

Ternyata yang gak diharapkan juara malah jadi juara. GSR senior gue juara 2 di Fesbud. PSPB senior gue juga juara 3 di Fesbud. PK angkatan gue juara tata rias terbaik dan juara tata gerak terbaik. Alhamdulillah dengan juara sebanyak itu jurusan gue berhak menjadi Juara Umum dari Festival Budaya tahun 2014 ini. Berkah akhir tahun emang. Gak diharapkan juara malah jadi juara. Hidup kadang selucu itu. Terima kasih Ya Allah aku gak masuk Undip ternyata aku mendapatkan ganti yang lebih baik. Masuk Sastra Indonesia UI yang membawa kebahagiaan. Rencana-Mu memang tak pernah bisa kuduga Ya Rabb :"). 

Tahun 2014 ini sangat berwarna menurut gue. Dari yang gue down banget ngejalanin hidup sampe gue seseneng ini bisa hidup. Semua berkat kerja keras gue untuk mencapainya. Gak bisa gue pungkiri doa Orang Tua juga menjadi alasan gue untuk tetap bertahan di hidup ini dan tak lupa juga berkat nikmat-Mu yang Engkau telah curahkan kepadaku tahun ini Ya Rabb. Semoga tahun-tahun berikutnya bisa menjadi lebih baik daripada ini. Aamiin. Oh iya gue punya sedikit galeri untuk mewarnai postingan gue kali ini. Cekidot....



Foto terakhir sebelum lulus sama temen-temen deket SMA gue. Sukses ya kita:)



Ikatan Keluarga Sastra Indonesia (IKSI) UI 2014 Full Team


Ini muka angkatan gue pas nyoba panggung sehari sebelum tampil



Foto dari latihan terakhir PK IKSI 2014. Semangat!!!



Sebelum tampil PK nih. Cantik dan tampan kan kami semua :)


Arahan sebelum tampil nih, tetap semangat! :)


Salah satu adegan dari PK angkatan gue yang diambil oleh fotografer dari Seputar Event.



Akhir yang bahagia :")

Oh iya tepat hari ini sepuluh tahun yang lalu bertepatan bencana yang menggoreskan luka di dalam hati warga Indonesia, tepatnya di Aceh. Iya hari ini adalah peringatan sepuluh tahun bencana Tsunami yang berada di Aceh. Semoga arwah yang telah mendahului kita akibat bencana tersebut dapat tenang dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan, Aamiin. Al-Fatihah.....

Comments

Popular Posts