Maia Estianty dan Pesan-pesan di dalam Hidupnya


sumber: hot.detik.com

Akhir-akhir ini entah mengapa gue lagi seneng banget nontonin berita tentang Maia Estianty. Ya, menurut gue beliau itu cewek kuat. Dulu, waktu masalah perceraian dia sama Ahmad Dani, gue masih kecil, gak terlalu paham soal cerai, selingkuh, makan temen, dsb. Dulu, gue taunya Maia itu adalah sosok perempuan yang diceraikan sama suaminya. Mamah gue, yang penentang diselingkuhin, mendoktrin gue kalo Maia itu kasian, Dani tuh brengsek ninggalin istrinya, Mulan itu suka nusuk dari belakang (aw sakit dong) dsb. Masalah Maia itu ya karena gue dulu masih kecil belom ngerti cinta-cintaan mikirnya itu masalah sepele (ya dulu masalah gue mah cuma cinta bertepuk sebelah tangan, musuhan sama temen sekolah, lupa ngerjain PR, dsb). Sekarang, seiring dengan berjalannya waktu, gue ngerti masalah yang dihadapi Maia itu sangat berat.

Ini berawal dari gue yang tiba-tiba nyanyi terus lagu Lelaki Buaya Darat. Entah mengapa pikiran gue itu suka tiba-tiba nyanyiin lagu-lagu jadul (ketauan kan umur gak bisa boong). Terus gue iseng tuh, cari video klipnya di Youtube. Yep, karena sekarang ada Youtube sebagai penyimpan video-video musik dari zaman baheula sampe zaman sekarang, yaudah gue tulis judul lagunya. Keluar dong video yang dimaksud. Gue pun mendengarkan itu sambil biasa deh gue suka liatin komen-komen warganet yang kadang emang suka bikin gue ketawa-tawa. Pas liat komentarnya isinya hampir menghujat Mulan Jamela semua. Karena kepo, setelah nonton lagu itu gue iseng buka lagu milik Ratu yang lain dan sama rata-rata isinya "Mulan tuh ya wanita gak tau diuntung, udah diangkat sama Maia tapi nusuk dari belakang", "Mulan tuh cewek murah yang suka rebut suami orang" bla bla bla gak bisa gue sebutin di sini nanti blog gue disangka pro Maia dan menghina Mulan.

Melihat komen-komen yang jahat-jahat itu akhirnya gue kepancing buat liat gosip masa lampau soal perceraian Maia Estianty. Gue ketik nama "Maia Estianty" di kolom pencarian dan tadaaa banyak bener beritanya. Gue pun buka salah satu video dari pemberitaan gosip tahun 2006-2007 deh pas lagi anget-angetnya itu kasus. Gue coba mengkaji kasus tersebut dengan berbagai sudut pandang. Namun, entah mengapa dari sekian banyak sudut pandang gue gak menemukan sudut pandang Ahmad Dani atau pun Mulan kenapa melakukan hal tersebut. Rata-rata pemberitaan dari sudut pandang Bunda Maia yang dulu katanya dilarang sama Ahmad Dani buat ketemu anak-anaknya, Ahmad Dani yang pokoknya tiba-tiba jadi benci sebenci-bencinya sama Maia, sampe Maia dan manajernya yang mau dateng ke rumah mereka itu harus panjat pagar dan manajernya harus dipukul dulu sama penjaga rumah di sana. 

Wedew, gue sampe mikir lho, ini orang kenapa tega amat ya sama mantan istrinya. Wanita yang dulu pernah mengandung darah dagingnya, wanita yang dulu pernah dia cinta, dan wanita yang dulu pernah dia sayang dibuang gitu aja udah kayak tisu basah abis dipake. Gue hampir menyimpulkan benci banget sama mantan suaminya Maia. Gak sampe di situ akhirnya gue nontonin talkshow yang dihadiri Maia sebagai bintang tamunya. Di situ bahkan dikatakan bahwa mereka itu pacarannya dari SMP, lho! Masih bau matahari ye kan (entah ya anak SD sama SMP itu rata-rata bau matahari padahal mereka gak terpapar langsung sinar matahari juga. Btw, tau gak bau matahari gimana?). Nah, maka dari itu makanya gue makin bingung kok bisa ye sampe segitunya lho.

Eh sebenarnya gue gak mau bahas ginian terlalu dalem sih. Maksudnya, gue gak mau menjatuhkan salah satu pihak. Jadi, gue sebenarnya mau ngomongin betapa kuatnya Bunda Maia menghadapi masalahnya yang menurut gue itu berat banget, lho untuk ukuran wanita. Ya, setelah dikhianati dan dicampakkan, Bunda Maia pun mulai dari nol lagi. Buat grup duo lagi, memproduksi musik sendiri dan menurut gue itu butuh manajemen diri yang baik. Selain dari dalam diri pun dari lingkungan sekitar juga berpengaruh. Ya, kata Bunda Maia di setiap wawancaranya dia selalu bilang kalo temen-temennya itulah yang bikin dia tetep bertahan sampai di titik ini. Jadi, ayo guys kalo ada temen kalian yang butuh curhat itu jangan kalian yang malah ikutan curcol. Dengerin juga dianya. Semua orang itu butuh didengar dan mendengar. 

Gue kagum sih sama sosoknya yang terlihat ramah dan pakaiannya yang terlihat seksi tapi anggun. Beh, selain mamah gue, Bunda Maia itu salah satu panutan gue. Dia mengajarkan gue bahwa wanita itu harus mandiri dan independen. Jangan bergantung pada pria! Ketika gue putus cinta, gue butuh waktu enam bulan kali buat move on (padahal pacarannya cuma sebulan). Iya, gue merasa jadi wanita paling sial banget waktu itu. Gue udah cinta dia tulus dan mau serius (klise sih kedengerannya untuk orang-orang seusia gue), eh dianya masih mau main-main. Karena dia ketauan menduakan gue, gue pun minta putus. Sori la yaw masa gue diduain. Emangnya gue cewek apaan? HAHA

Sempet mikir yang membahayakan jiwa dan raga gue juga seperti mau neror rumah dia atau bahkan sampe pengen samperin dia ke kantornya sambil bawa pisau (iya, sumpah gue pernah mikir gini astaghfirullah), tapi untungnya gue punya temen-temen yang bisa bikin gue gak ngelakuin hal-hal bodoh tersebut. Ada temen-temen gue yang kalo gue curhatin malah bercandain (gue malah seneng mantan gue dibercandain, gue gak merasa tersinggung malah) atau ada temen gue yang bener-bener nasehatin gue, dan pada waktu itu juga gue bener-bener ngedeketin diri gue sama Allah swt (emang, anaknya deketin Tuhan kalo butuh doang huhu). 

Sampe gue udah hampir berhasil tuhh move on empat bulan, ehhh tiba-tiba mantan gue ngajak main dan ketemuan. Dia juga minta tolong bantuin dia bikin laporan KP (Kerja Praktek) kampusnya. Gue yang masih bucin (budak cinta) akhirnya dengan tolol menerima ajakan mantan. Pergilah kami ke UI, kampus gue, untuk meminjam buku-buku yang ia butuhkan untuk tulisannya. Nah, di UI kan kalo mau pinjem buku di perpus harus anak UI-nya ya. Gue pun dengan bucinnya meminjamkan KTM gue untuk buku yang ia pinjam. Udah deh dia juga bilang kalo dia wisuda gue harus dateng. Gue yang emang masih ada rasa sok-sok tenang dan pura-pura cuek padahal dalem hati seneng juga digitun (setelah gue sadar, gue itu teramat bucin ternyata). 

Dah deh tuh, bukunya gue pinjemin pake KTM gue. Besoknya, gue kan masih ngarep yee dia chatan sama gue dan kan emang gue udah bukan prioritas yak yaudah dia balesnya lama. Di situ gue mulai mikir kalo gue itu teramat bucin. Gue mikir lagi kok gue mau-maunya sih pinjemin KTM gue buat dia, mantan gue. Iya emang berbuat baik itu indah tapi siapa yang tau kalo dia emang deketin gue lagi karena gue anak UI (duh maap gue bukan sombong). Gue pas jalan sama mantan gak cerita-cerita tuh sama temen-temen gue dan akhirnya gue ceritain dari awal sampe akhir gimana kami bisa ketemuan. Gue pun mulai digoblok-goblokin sama temen-temen gue dan di situ gue emang ngerasa goblok sih. Temen-temen gue pun akhirnya nyuruh gue untuk buru-buru lost contact dari mantan gue dan cepetan minta buku yang lagi dia pinjem, bagaimana pun alasannya.

Gue muter otak, gimana ya biar dia juga gak curiga. Gue mikirnya, jahatnya ntar aja kalo buku pinjeman perpus udah balik. Akhirnya, gue pake alesan kalo gue mau pergi lebih dari dua minggu dari Jakarta sehingga buku tersebut harus cepet-cepet dikembalikan karena nanti denda. Gue chat udah sambil nahan ngatain diri sendiri bego amat sih terus nurani gue bilang kok gue jahat banget, orang minjem buku pake KTM lo aja gak boleh. Tapi balik lagi, dulu dia khianatin gue gimana. Meski udah minta maaf kan tetep aja tuh luka sulit sembuh. 

Dia pun akhirnya balikin buku gue sehari setelah gue minta. Dia dateng ke rumah gue (tapi cuma sampe depan gang, soalnya nyokap gue udah benci banget sih sama dia pas gue ceritain gue diselingkuhin). Dia sama temennya, gue inget banget ekspresi muka gue udah jutek banget. Terus, pas dia mau pulang, dia pamit gitu ngajak tos. Gue tos aja tuh sebagai formalitas. Di situ gue mikir bahwa itu pertemuan gue yang terakhir sama mantan gue. Iya, yang udah biarlah udah. Gak usah ketemu-ketemu lagi, ntar sayang lagi gak ada yang tanggung jawab. 

Setelah itu gue sedih, sesedih itu. Kayak gue kan belom bisa move on ya tapi gue maksain diri gue buat ninggalin itu semua dan di satu sisi gue merasa bangga udah ngelakuin itu. Sekitar jam 12-setengah 1 pagi, dia ngechat gue bilang makasih. Gue mikirinya, formalitas. Gue jawab aja iya. Nah, di situlah gue ngaku ke dia kalo gue belom bisa move on. Gue cari berbagai alesan dehh yang bisa bikin dia ilfeel dan ngejauhin gue. Gue bilang aja, gara-gara dia nilai UTS dan UAS gue jelek karena galauin dia dan nyuruh gue pergi dari hidup gue karena gue mau lulus kuliah. Idih, gue ngerasa jahat banget sih karena alesannya gitu amat, tapi mau gimana lagi? Kalo gue manis-manis aja nanti gue lembek lagi ke dia. Dua hari kemudian, gue cek Line-nya dia dan gue menemukan bahwa diri gue udah diblock sama dia. Tengkyu, boss dengan ini saya nyatakan bahwa saya telah berpindah hati (boong deng abis itu gue masih stalking dia pake fake account gue sampe genap gue enam bulan buat move on). 

Gue percaya bahwa perempuan itu sebenarnya bisa hidup sendiri. Terkadang nilai budaya aja yang mengharuskan perempuan itu punya suami, punya anak, punya keluarga. Belum tentu juga itu standar kebahagiaan bagi perempuan. Makanya, kadang ada yang sebelum nikah tuhhh nikmatin masa muda gitu kan karena mungkin sebenarnya perempuan itu terkekang kali setelah menikah. Tergantung kita dapet lakiknya yang seperti apa. 

Dari kisah Bunda Maia dan gue kaitkan sama kisah gue, gue bisa simpulkan bahwa perempuan itu gak harus butuh pendamping agar dirinya mencapai puncak kesuksesan. Gue juga punya pemikiran bahwa seorang perempuan itu harus cerdas dalam berbagai hal. Karena bagi gue seorang anak itu wajib lahir dari rahim seorang Ibu yang pandai karena Ibu adalah pendidikan pertama bagi anaknya. Bunda Maia pun menurut gue adalah sosok perempuan yang pintar bagi anak-anaknya. Selain itu, Bunda Maia bahkan menjadi lebih terlihat cantik dan awet muda sekarang karena kebahagiaan yang dia ciptakan sendiri itu (padahal umurnya udah kepala empat, lho!). Selain berbakat di bidang musik dan tarik suara, Bunda Maia juga bisa mengatur hidupnya sendiri mau dibawa seperti apa. Keren! Intinya, sih wahai kaum perempuan yuk jadi mandiri dan independen dengan tidak menjadi budak-budak cinta yang takut gak dapet pria yang akan dinikahi!

We can do it, Girls!

Comments

Popular Posts