Menjadi Wanita Hebat Seperti Michelle Obama Lewat Becoming

Becoming, Michelle Obama

Banyak wanita di dunia yang terinspirasi dan  pasti ingin menjadi wanita hebat seperti Michelle Obama, termasuk saya. Yap, bagaimana bisa seorang yang hidup di tengah lingkungan yang bisa dikatakan biasa-biasa saja, bisa menjadi seorang Ibu Negara dari Negeri Paman Sam. Semua cerita perjalanan hidup seorang Michelle Obama ditulis dalam bukunya yang berjudul Becoming.

Sinopsis Becoming karya Michelle Obama

Sama seperti buku-buku autobiografi lainnya, buku Becoming ini bercerita tentang kehidupan seorang Michelle Obama dari dirinya masih kecil hingga menyelesaikan tugasnya sebagai Ibu Negara Amerika Serikat selama 2 periode, dari 2009-2017. Banyak hal yang sekiranya memiliki pelajaran hidup dari seorang Michelle Obama sebelum, selama, dan setelah menjadi Ibu Negara.

Michelle Obama merupakan seorang perempuan yang tinggal di sebuah apartemen kecil dan sempit di South Side, Chicago, bersama saudara laki-lakinya, Craig dan kedua orang tuanya. Ia dibesarkan serta dididik untuk menjadi perempuan yang berani dan tidak takut untuk berbicara. Kemudian, ia melanjutkan studinya ke Universitas Princeton, di mana dia merasakan menjadi satu-satunya perempuan berkulit hitam yang berkuliah di sana. Setelah lulus, ia bekerja di sebuah kantor pengacara di mana dia bertemu dengan Barack Obama yang pada akhirnya menjadi suaminya. Pertemuannya dengan Barack inilah yang mengubah semua rencana dalam hidupnya sehingga dia bisa menjadi seperti sekarang ini. 

Ulasan Becoming karya Michelle Obama

Sebelumnya, saya minta maaf banget karena saya harus menghabiskan waktu yang cukup lama untuk membaca buku dengan halaman 550-an ini selama 8 bulan, yap kamu nggak salah baca. Saya aja yang baca buku ini lama. Tapi bukan berarti saya tidak tertarik untuk menyelesaikan buku ini, ya.

Dalam buku ini, kita diberikan beberapa Bab yang awalan bab tersebut diberikan nama "becoming". Karena buku ini merupakan proses bagaimana diri seorang Michelle Obama menjadi wanita hebat yang kita kenal sekarang. Buku ini terdiri tiga bab penting, yaitu Becoming Me, Becoming Us, Becoming More. 

Pada bab pertama, Becoming Me, diceritakan bahwa di situlah kehidupan seorang Michelle Obama pada awalnya. Bagaimana kehidupan masa kecilnya saat tinggal di South Side, Chicago yang begitu dekat dengan semua anggota keluarganya, termasuk kakaknya, Craig. Di bab ini juga diceritakan bahwa Michelle awalnya seorang anak yang tidak ingin bergaul dengan siapa pun. Ia memiliki seorang pemain basket yang cukup terkenal di lingkungan sekitarnya. Ibunya pun ingin Michelle juga dapat bersosialisasi dan aktif seperti kakaknya. Dorongan dari Ibunya, membuat Michelle terpacu dan berani untuk bicara pada orang lain. Bab ini juga menceritakan bagaimana dirinya bisa bertemu dengan seorang Barack Obama, yang menjadi suaminya.

IG: @michelleobama

Di bab kedua, Becoming Us, menceritakan lebih detail tentang bagaimana hubungan dari seorang Michelle Obama dan Barack Obama. Kehidupan awal pernikahan mereka, kesibukan Barack menjadi seorang yang terjun di dunia politik, bagaimana dirinya berjuang untuk mendapatkan anak pertamanya, bagaimana dia juga menjadi seorang istri dari seorang politikus yang ingin mencalonkan dirinya sebagai Presiden Amerika Serikat. Ketika membaca cerita tersebut, kita akan mengetahui bahwa perjuangan seorang Michelle Obama yang kelihatannya menyenangkan dengan kehidupannya, terkadang ia juga ingin kabur dari sana.

Bab ketiga, Becoming More, lebih menceritakan tentang kesulitan hidupnya sebagai seorang Ibu Negara Amerika Serikat. Bagaimana dirinya harus selalu terlihat siap, sigap, dan tidak terlihat lelah di depan publik,  bagaimana dia tetap bisa membagi waktunya bersama kedua putrinya Malia dan Sasha, di tengah kesibukannya, dan dia pun tetap mempertahankan sikap murah hatinya, sikap peduli kepada sesama yang dia miliki dari sebelum menjadi seorang Ibu Negara. Yap, menjadi seorang Ibu Negara maju seperti Amerika Serikat memang terlihat menjanjikan tapi pasti ada rasa jenuh yang akan dihadapi. Hal tersebut ternyata mampu menjadikan Michelle Obama sebagai wanita hebat seutuhnya.

Kesimpulan

IG: @michelleobama

Buku autobiografi Michelle Obama ini memberikan saya pandangan lebih luas bahwa untuk menjadi perempuan hebat diperlukan pula perjuangan yang hebat. Sebelum menduduki kesuksesan tersebut juga Michelle Obama perlu menjadi orang yang menekuni bidang yang ia minati. Bagaimana dia menjadi seorang wanita satu-satunya yang berkulit hitam di Universitas Princeton, tempat dia menimba ilmu. Kalau Michelle bukan seorang dengan kepercayaan diri yang tinggi serta keinginan kuat mengubah kehidupannya, pasti dia sudah menyerah di tengah jalan, mengingat Amerika Serikat  juga memiliki lingkungan yang banyak terjadi bullying. Dari sini, kita dapat katakan bahwa menjadi wanita hebat seperti Michelle Obama harus menempuh beberapa lika-liku yang membuat kita kuat dan hebat. 

Buku ini saya berikan rating 8,5/10 karena di dalamnya begitu banyak pelajaran hidup yang bisa kamu petik dari seorang Michelle Obama. Kalau untuk re-read, sepertinya tidak ya karena saya pun harus menghabiskan waktu 8 bulan untuk menamatkan buku ini hehehe. Sangat saya rekomendasikan untuk kamu yang sedang work from home. It's very worth to read!

Info Buku
Judul: Becoming
Penulis: Obama, Michelle.
Penerbit: Noura Books (PT Mizan Publika)
Bulan terbit: Juli 2019 (Cetakan Kedua)
Halaman: 560 hlm.

Comments

Popular Posts