Review Buku Personal Branding Tom Liwafa, Bangun Minat Entrepreneur Muda

Review Buku Personal Branding Tom Liwafa

Pernah tidak merasa ingin memiliki sebuah bisnis tapi kamu tidak ada motivasi yang cukup untuk melakukannya? Pernah juga minta saran teman tapi jawabannya kurang memuaskan? Jika hal tersebut masih membuatmu enggan bangkit, sepertinya kamu harus baca buku karya Tom Liwafa yang berjudul Personal Branding ini. 

Sinopsis Buku Personal Branding karya Tom Liwafa

Personal Branding merupakan buku karya Tom Liwafa, seseorang yang mendapat julukan "Crazy Rich Surabayan" lantaran memiliki banyak usaha di usianya yang masih muda. Mas Tom kita sebut saja sebagai sosok pemuda yang penuh ambisi dan matang dengan ragam perencanaan hidup yang telah ia susun secara rapi. 

Ia pun membagikan bagaimana perjalanan hidupnya dari yang hanya seorang pembuat stiker pada tahun 2008 di Surabaya, Jawa Timur hingga saat ini telah memiliki 10 usahanya. Ia dikenal sebagai entrepreneur muda yang senang berinteraksi dengan banyak orang melalui media sosialnya. 

Selain itu, dalam buku Personal Branding ini, kamu akan menemukan bagaimana langkah-langkah yang dilakukan Mas Tom untuk sampai berada di titik sekarang ini. Tentunya, usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil. 

Review Buku Personal Branding karya Tom Liwafa

Jujur, sebelumnya saya tidak mengikuti dunia bisnis di Indonesia sehingga saya tidak tahu siapa sosok Tom Liwafa. Saya baru tahu beliau sejak namanya disebut-sebut sebagai kawan dari artis almarhumah Vanessa Angel. Setelah itu, saya baru mengetahui bahwa Mas Tom adalah Crazy Rich Surabayan (Maafkan saya yang kuper ini). 

Setelah saya mencari tahu tentang sosoknya yang menginspirasi banyak orang, membuat saya tertarik mengikutinya di akun media sosial saya. Mas Tom Liwafa merupakan seorang pria kelahiran tahun 1991, yang mana usianya tahun 2021 ini baru 30 tahun. Hebat bukan? Itulah mengapa saya tertarik untuk membaca kisahnya lewat buku Personal Branding ini. 

Saat membaca buku ini, yang saya rasakan adalah merinding. Iya, kalian tidak salah baca. Saya merinding bagaimana kata-kata bisa menyihir saya untuk mengikuti apa yang Mas Tom bagikan dalam bukunya. Saya yang memang sejak dulu memiliki minat untuk menjadi entrepreneur masih takut untuk melangkah karena keterbatasan dana. 

Namun, yang perlu kamu tahu, menurut bukunya, memulai bisnis bukan perkara memiliki uang yang banyak, tetapi harus memiliki mental dan keinginan kuat dalam berbisnis. So, bagi yang masih hendak bermalas-malasan di sela-sela waktu senggang, bisnis bukan jalan yang cocok menurut Mas Tom. Sebaiknya bulatkan tekad dan perkuat visi misi dalam diri. 

Mas Tom juga mengingatkan saya untuk jangan berhenti berjuang. Kebetulan saya saat ini sedang mengalami quarter life crisis dan sedang mempertanyakan apa yang ingin saya kerjakan di umur saya yang usia perak ini. Buku ini menyadarkan saya untuk tak ada salahnya berani mengambil langkah dan mencoba keluar dari zona nyaman saya. 

Selain itu, di dalam buku ini juga terdapat banyak kata-kata mutiara indah yang dituliskan oleh Mas Tom Liwafa untuk memperkuat tekad pembacanya. Jujur, saat membaca ini jiwa saya menggebu-gebu untuk memulai bisnis kecil yang saya impi-impikan sejak dulu namun tak berani ambil langkah karena takut gagal. 

Namun, walaupun buku ini bagus banget untuk dijadikan pecutan semangat bagi calon entrepreneur muda, masih ada sedikit kekurangan bagi saya. Pada buku ini, Mas Tom tidak menceritakan bagaimana dia jatuh bangun membangun usaha-usahanya. Prediksi saya mungkin karena Mas Tom ingin menulis buku lainnya yang mungkin menceritakan perjalanannya jatuh bangun saat mendirikan sebuah bisnis? Hehehe, I hope so karena saya bakalan menjadi pembaca pertama dan mereview buku tersebut.

Sebab, saat membeli buku ini pun saya sempat kena batal dari pre-order lantaran buku ini sudah sold out dalam beberapa hari. Betapa hebatnya personal branding dari seorang Tom Liwafa ini. Two thumbs up for him. 

Read More: Review Buku Filosofi Teras: Ilmu untuk Orang Baperan

Kesimpulan

Overall, buku Personal Branding karya Tom Liwafa ini cocok untuk kamu baca di waktu senggang dan diperuntukkan bagi kamu yang tertarik terjun di dunia bisnis. Buku ini tidak cocok untuk kaum rebahan yang kerjaannya hanya ingin bermimpi menjadi kaya tetapi tidak pernah berusaha. 

Mas Tom juga menegaskan di buku ini bahwa buku ini cocok untuk kamu yang memiliki mental kaya. Apa itu mental kaya? Ayuk beli bukunya dan cari tahu kejutan-kejutan hebat di dalamnya. 

Demikian Review buku dari Zahra, sekian dan selamat membaca dan perkaya pengetahuan kamu semua!

Rating: 9/10

Comments

Popular Posts